Doa Mudah Lunasi Hutang

Doa Mudah Lunasi Hutang – Hutang dalam banyak kondisi adalah penderitaan serta desakan hidup sendiri, terutama untuk beberapa orang yang kurang dapat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam sendiri dalam banyak peluang berlindung pada Allah dari belitan hutang.

Bacaan-Doa-Dapat-Melunasi-Hutang-di-Islam

Hutang yaitu tanggungan harta di pundak orang yang meminjam pada pihak yang berikan utang. Sebagai hak sesama hamba, hutang mempunyai konskuensi yang berat didunia serta akhirat. Bila seorang mempunyai hutang kepara orang lain, jadi ia harus membayar lunas hutang itu.

Kalau seorang yang mempunyai hutang wafat dunia, tetapi hutang-hutangnya belum dibayarkan dengan cara lunas, jadi hutang itu bakal tetaplah jadi tanggungan dianya di alam pendam serta alam akhirat. “Segala dosa diampuni atas diri orang yang mati syahid, terkecuali hutang. ” sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam seperti diriwayatkan oleh imam Muslim.

Imam Bukhari serta Muslim juga meriwayatkan satu hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Jika seseorang lelaki yang wafat serta mempunyai hutang dibawa pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam, jadi beliau ajukan pertanyaan, “Apakah ia meninggilkan harta yang dapat untuk melunasi hutangnya? ”

Bila beliau diberitahu kalau orang yang wafat itu mempunyai harta untuk melunasi hutangnya, jadi beliau bakal menshalatkan jenazahnya. Mengenai bila beliau diberitahu kalau orang yang wafat itu tak mempunyai harta untuk melunasi hutangnya, jadi beliau bersabda, “Hendaklah kalian menshalatkan jenazah teman dekat kalian ini! ”

Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa salam sudah mengajarkan sebagian doa supaya seorang memperoleh keringanan dari Allah Ta’ala untuk melunasi hutang-hutangnya. Di bawah ini salah satunya.

Doa Pertama

Dari Abu Wail berkata : “Ada seseorang (budak) lelaki datang pada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu serta berkata, “Wahai amirul mukminin, saya tak dapat melunasi duit prasyarat pembebasan saya, jadi bantulah saya! ”

Mendengar hal semacam itu, Ali bin Abi Thalib berkata, “Maukah engkau jika saya sampaikan padamu sebagian patah kata yang sudah di ajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam kepadaku. Dengan sebagian patah kata itu, kalau engkau mempunyai hutang sebesar gunung Shir pasti Allah bakal membayarkan hutangmu. Bacalah :

اللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Ya Allah, cukupilah saya dengan rizki-Mu yang halal hingga saya terlepas dari rizki yang haram serta perkayalah saya dengan karunia-Mu hingga saya tak memohon pada selain-Mu. ” (HR. Tirmidzi no. 3563, Ahmad no. 1319 serta Al-Hakim no. 1973)

Doa Kedua

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam berdoa :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kebimbangan serta rasa sedih, kekurangan serta kemalasan, kepengecutan serta kekikiran, belitan hutang serta penindasan orang. ” (HR. Bukhari no. 6369)

Doa ketiga

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha sebenarnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam berdoa dalam shalatnya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا، وَفِتْنَةِ المَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ المَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ

 “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari siksa pendam, saya berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Dajjal, saya berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan serta fitnah kematian. Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa serta hutang. “

Aisyah ajukan pertanyaan, “Wahai Rasulullah, Anda kerap sekali berlindung dari hutang. ”

Jadi beliau menjawab, “Jika seorang sudah berhutang, jadi bila bicara pasti ia (dapat) berkata dusta apabila berjanji pasti ia dapat memungkiri. ” (HR. Bukhari no. 832 serta Muslim no. 589)

Mudah-mudahan Allah membuat perlindungan kita dari jeratan hutang serta mudah-mudahan Allah berikan kita kekuatan untuk melunasi hutang kita waktu kita terlilit oleh hutang. Wallahu a’lam bish-shawab.

Jika Anda sedang dalam masalah dan membutuhkan sarana spiritual baik itu berupa sarana pelet, asmara, sarana kelancaran rejeki, dan lainnya, silahkan konsultasikan masalah anda kepada Dewi Asih di 085792496344 (TLP/SMS/WA)

KONSULTASI DENGAN DEWI ASIH

Dapatkan Promo Menarik dan Informasi
Terbaru Dari Dewi Asih

Nama Lengkap :
Alamat Email :
Nomer HP :
%d bloggers like this: