Amalan Dihari Jumat Paling Lengkap

Amalan Dihari Jumat Paling Lengkap – Dalam satu minggu ada satu hari yang paling baik atau istimewa dalam islam, hari itu adalah hari jumah. Kita mengenal bahwa semua hari itu baik akan tatapi pada hari jumah memiliki keistimewaan yang tersendiri karena banyaknya nilai hostoris dalam sejarah islam.

Nabi Muhammad SAW memuliakan hari jumat dan banyak juga hadis yang membahas tentang kemulian hari jumat

Banyak sekali amalan yang telah dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW yang pahalanya besar . Nabi Muhammad menyebutkan keistimewaan hari jumat yang diriwayatkan oleh H.R Abu Hurairah

“Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat”. (H.R Abu Hurairah).

Berikut amalan apa saja yang disunahkan untuk dikerjakan bagi umat Islam:

Amalan Dihari Jumat Paling Lengkap

  1. Membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW

Pada saat hari jumat datang, umat Muslim disunahkan membaca sebanyak – banyaknya sholawat.

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum’at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku.” (Aus Bin Aus ra)

Nabi menganjurkan agar memperbanyak membaca shalawat pada hari Jumat.

Dalam sebuah hadits yang lain ditegaskan:

“Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali”.

Hadits tersebut diriwayatkan al-Baihaqi dengan beberapa sanad hasan.

  1. Memperbanyak berdoa

Dan ketika Jumat datang, umat Muslim disunahkan untuk memperbanyak berdoa, tentu di hari lain pun dianjurkan untuk berdoa. Hanya, di hari jumat Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan keutamaannya.

“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Muttafaqun Alaih).

Amalan Dihari Jumat Paling Lengkap

  1. Membaca Surat Al Kahfi

Dalam hadits Imam Muslim disebutkan:

“Barang siapa berwudhu kemudian memperbaiki wudhunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni”. (HR. Muslim).

Muslim yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, ia akan dinanugi cahaya di antara dua Jumat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat”.

Hadits tersebut diriwayatkan dan dishahihkan oleh imam al-Hakim.

  1. Mandi Jum’at

Walaupun kita setiap hari mandi, di hari Jum’at, ada sunnah yang sama, yaitu mandi juga. Tapi tentu mandinya beda, dengan niat akan mandi Jum’at. Seperti yang ada dalam sebuah hadits dari  Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bahkan ada sebagian ulama yang menjadikan mandi Jum’at ini wajib hukumnya. Hal ini berdasarkan sebuah hadits dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Mandi pada hari Jum’at adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Memakai Pakaian Terbaik

Kalau kamu shalat biasanya pakai apa? Apakah menggunakan kaos oblong saja ataukah memakai kemeja atau jubah koko yang rapi?

Shalat itu sebaiknya dilakukan dengan pakaian yang bersih, rapi, dan baik. Kalau kita berangkat sekolah atau kerja aja pakaiannya bisa super rapi kok. Masak ketika shalat cuma pakai kaos aja? Apalagi pas shalat Jum’at, seharusnya kita menggunakan pakaian terbaik.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

Amalan Dihari Jumat Paling Lengkap

  1. Membersihkan Diri dan Menggunakan Minyak Wangi

Setelah mandi dan mengenakan pakaian terbaik, alangkah lengkap rasanya jika ditambah dengan menggunakan minyak wangi. Sehingga diri kita akan tampak bersih dan wangi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits di atas, kita ini diperintahkan untuk bersuci, ya mandi Jum’at tadi. Setelah itu memakai minyak wangi, biar kita shalat Jum’at dalam keadaan wangi tentunya.

  1. Tidak Duduk dengan Memeluk Lutut

Tentu kamu pernah melakukan hal ini, yaitu menekuk lutut ketika khatib sedang berkutbah. Padahal hal tersebut dilarang, seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits.

Sahl bin Mu’adz bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) ketika sedang mendengarkan khatib berkhutbah. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, derajat hidits hasan)

  1. Memperbanyak Shalat Sunnah Sebelum Khatib Naik Mimbar

Setelah sampai di masjid, hal pertama yang biasanya dilakukan adalah shalat tahiyatul masjid. Saat kita hendak melaksanakan shalat Jum’at, setelah shalat tahiyatul masjid, bisa lho kita tambah dengan shalat sunnah lain. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi kemudian datang untuk shalat Jum’at, lalu ia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai jum’at tersebut sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

Selain memperbanyak shalat sunnah ketika khatib belum naik ke atas mimbar, hadits di atas juga menunjukkan bahwa berbicara saat khatib sedang berkutbah itu dilarang. Kita sebagai jamaah yang melaksanakan shalat Jum’at wajib untuk mendengarkan, dan ingat ya, usahakan jangan tidur juga.

  1. Menyegerakan Berangkat ke Masjid

Sebelum mendengarkan khutbah, tentu kita harus berangkat ke masjid dulu. Bersegera ke masjid merupakan salah satu sunnah yang bisa kita lakukan di hari Jum’at.

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum’at dan tidur siang setelah shalat Jum’at” (HR. Bukhari).

Setelah berangkat awal menuju masjid, sesampainya di masjid, jangan langsung duduk, apalagi memilih tempat di belakang agar bisa bersandar di tembok. Lebih baik kamu langsung menuju shaf pertama dan melaksanakan shalat sunnah. Sebab shaf pertama merupakan tempat yang memiliki keutamaan yang besar.

  1. Melaksanakan Shalat Sunnah Setelah Shalat Jum’at

Sama seperti shalat wajib lainnya, ada juga shalat sunnah yang mengiringi shalat Jum’at. Shalat sunnah setelah shalat Jum’at dilakukan dua rakaat atau empat rakaat. Kamu bisa menyimak hadits di bawah ini yang menjelaskan tentang shalat sunnah tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jum’at, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

Demikianlah keutamaan hari Jumat yang harus kita tahu. Namun masih banyak dalil-dalil yang menyebutkan keutamaan hari Jumat, jauh lebih banyak dari apa yang telah disebutkan di atas. Allahu A’lam.

Dapatkan Promo Menarik dan Informasi
Terbaru Dari Dewi Asih

Nama Lengkap :
Alamat Email :
Nomer HP :
%d bloggers like this: