Doa Menghadapi Penagih Hutang – Pada jaman modern seperti saat ini, mempunyai hutang rasa-rasanya bukanlah hal yang tabu lagi. Tidak sama dengan jaman dahulu, orang yang berhutang bakal malu apabila orang lain tahu. Saat ini malah beberapa orang banyak yang berhutang. Dari mulai angsuran motor, mobil, kartu credit, perlengkapan elektronik rumah tangga, handphone, serta ada banyak yang lain. Bukan sekedar mastarakat kelompok menengah ke bawah yang memiliki hutang, namun kelompok atas banyak juga yang berhutang. Umumnya mereka mempunyai hutang untuk meningkatkan usaha atau untuk membayar angsuran tempat tinggal.

Doa-Menghadapi-Penagih-Hutang

Walau permasalahan hutang telah umum di orang-orang, tetap harus hutang tidaklah permasalahan yang remeh. Kerapkali orang bakal diliputi rasa tertekan serta stres akibat tak dapat membayar hutang. Belum lagi bila telah jatuh tempo pembayaran, serta ada debt collector datang ke tempat tinggal walau sebenarnya duit belum ada. Permasalahan juga bakal jadi tambah rumit.

Seringkali orang yang mempunyai hutang seperti credit motor, yang motornya di ambil paksa oleh debt collector lantaran tak dapat membayar angsuran sepanjang saat yang sudah ditetapkan. Bila memandangnya memanglah debt collector tampak kejam. Namun, ini telah jadi pekerjaan seseorang debt collector. Hal semacam ini dapat jadi evaluasi untuk Anda. Baiknya, sebelumnya Anda mengambil keputusan untuk berhutang, pertimbangkan tentang kekuatan Anda untuk membayar angsuran.

benner-uang-asmak-dewi-asih1

Untuk Anda yang sekarang ini telah terlanjur mempunyai hutang serta kesusahan untuk membayarnya. Lantaran memanglah keadaan keuangan yang belum memenuhi. Anda tak perlu hindari beberapa penagih hutang. Ini memanglah telah keharusan Anda untuk membayarnya. Jumpai mereka baik-baik, bicara serta terangkan pada mereka tentang permasalahan Anda yg tidak dapat membayar hutang untuk sekarang ini. Coba untuk lakukan negoisasi mengenai kemudahan pembayaran, atau minta tolong untuk diringankan bunganya. Lantaran umumnya hutang bakal jadi lebih berat karenanya ada bunga. Bahkan juga ada pula hutang yang jumlahnya jadi 2x lipat dikarenakan bunga.

Baca Juga  Manfaat Buka Aura Yang Dapat Mengubah Hidup Anda

Baca Juga : Amalan Wirid Doa Pembuka Pintu Rejeki

Bila Anda selalu menghindar, jadi Anda termasuk juga orang yg tidak tanggungjawab. Semakin lebih baik Anda menjumpai mereka, bila nanti mereka malah geram serta mencaci maki Anda, diamkan saja. Tetapi, bila mereka mulai lakukan tindak kekerasan atau perampasan barang, Anda dapat melaporkannya pada petugas setempat (seperti RT, RW, atau Satpam). Sepanjang Anda punya niat untuk membayar hutang waktu Anda mempunyai duit, jadi Allah akan menolong Anda. Percayalah, kalau Allah akan tidak memberi cobaan melebihi kekuatan makhluknya.

Doa pada saat kedatangan penagih hutang atau debt collector

Berikut ini adalah doa jika suatu hari ada debt collector atau penagih hutang datang ke rumah atau tempat usaha Anda, padahal Anda belum memiliki uang.

Laailaaha illallaahul haliimul kariim, subhaanallaahi robbis samaawaatis sab’i wa robbil ‘arsyil ‘adziim. Laailaaha illa anta ‘azza jaaruka wa jalla tsanaauka.

Yang artinya,

‘Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah yang Menahan Marah lagi sangat Mulia. Maha Suci Allah Tuhan yang Memelihara semua langit dan memelihara arsy yang besar. Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, sangat kuat Pelindung Mu dan Maha Tinggi sanjungan Mu’

Baca Juga  Wirid Amalan Doa Supaya Awet Muda Paling Ampuh

Tata cara: Dianjurkan membaca doa ini selama tiga hari sebelum penagih hutang datang ke rumah atau tempat usaha Anda. Bacalah sebanyak 100x setelah selesai sholat fardhu. Lebih baik lagi jika dibawa setelah sholat sunnah malam (sholat tahajud atau hajat).

Insya Allah, jika Anda memanjatkan doa ini bukan dengan maksud menunda membayar hutang. Tapi karena memang pada saat itu Anda belum mampu membayarnya. Allah akan mengurangi beban Anda dan dimudahkan dalam melunasi hutang Anda. Selain berdoa juga harus Anda imbangi dengan kerja keras, ikhtiyar.

solusihutang

Akibat tidak membayar hutang

Perlu Anda ingat, janganlah Anda menunda-nunda untuk membayar hutang. Saat Anda mempunyai uang lebih, segeralah gunakan untuk membayar hutang Anda. Lebih baik kurangi kebutuhan Anda, dan utamakan untuk membayar hutang. Perihal hutang tidak akan selesai begitu saja saat Anda meninggal dunia. Oleh karena itu, saat seseorang meninggal, maka kewajiban ahli waris untuk membayar hutang. Jika seseorang tidak mempunyai ahli waris, dan tidak mempunyai harta yang ditinggal, maka sebagai gantinya dia akan membayar hutang dengan kebaikannya. Seperti dalam hadits berikut ini:

“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Baca Juga  Doa ketika kedatangan dept kolektor/ penagih hutang

Kebaikan dijadikan sebagai pengganti untuk membayar hutang ketika seseorang telah meninggal dunia. Hal ini dikarenakan di alam akhirat sudah tidak ada uang ataupu barang untuk alat pembayaran hutang. Oleh sebab itu, jangan pernah Anda menunda untuk membayar hutang dan akhirnya lupa. Jika memang Anda tidak mampu membayar hutang, maka lebih baik Anda tidak berhutang.

Baca Juga : MEMBALAS KEBURUKAN DENGAN KEBAIKAN

Adapun hutang yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berlindung darinya adalah tiga bentuk hutang:

Hutang yang dibelanjakan untuk hal-hal yang dilarang oleh Allah dan dia tidak memiliki jalan keluar untuk melunasi hutang tersebut.

Berhutang bukan pada hal yang terlarang, namun dia tidak memiliki cara untuk melunasinya. Orang seperti ini sama saja menghancurkan harta saudaranya.

Berhutang namun dia berniat tidak akan melunasinya. Orang seperti ini berarti telah bermaksiat kepada Rabbnya.