Cara Mengobati Pusing Dan Mual Saat Hamil Muda – Mual dan muntah ringan sering terjadi pada awal kehamilan. Gejala ini disebut “morning sickness” karena terasa di pagi sampai siang hari. Intensitas gejalanya semakin berkurang di akhir trimester pertama dan sepenuhnya menghilang di bulan kelima.

Cara Mengobati Pusing Dan Mual Saat Hamil Muda

Penyebab mual dan muntah dalam kehamilan tidak diketahui tetapi kemungkinan besar terkait dengan perubahan hormon (progesteron dan hCG). Stres, kegelisahan, dan ketegangan juga mungkin terlibat.rikut mungkin dapat membantu Anda mengatasi mual dan muntah yang terkait kehamilan tersebut:

Hindari pemicunya. Hal-hal yang dapat memicu rasa mual termasuk kafein, makanan laut, jus jeruk, dan bau yang kuat. Hindari memasak dan menyiapkan makanan jika baunya mengganggu Anda. Mintalah orang lain untuk memasak/menyiapkan makanan atau belilah makanan siap saji.

Jangan melewatkan makan. Melewatkan makan dapat menyebabkan mual karena gula darah rendah (hipoglikemia). Perut juga akan berkontraksi lebih keras bila dalam keadaan kosong. Selain itu, kekurangan nutrisi tertentu seperti kalium dapat menyebabkan Anda muntah lebih banyak lagi.

Makan dan minum secara terpisah. Hal ini membuat pencernaan bekerja lebih mudah dan tidak membuat perut terasa penuh. Minumlah jus, susu atau sup di sela antara waktu makan.

Baca Juga  Rahasia Manjur Terbebas dari Lilitan Hutang

Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering, yaitu setiap dua sampai tiga jam. Progesteron menyebabkan pencernaan bekerja lebih lambat sehingga Anda harus menghindari perut terlalu penuh. Makanlah makanan pada suhu kamar dan dengan perlahan-lahan. Makanan dingin menyebabkan kerja pencernaan lebih berat. Duduklah tegak setelah makan, jangan berbaring.

bikin-suami-betah-dirumah

Hindari makanan yang terlalu berminyak, pedas atau asam. Pilih makanan yang tidak beraroma dan berasa kuat, seperti pisang, nasi putih (bukan nasi goreng), dan roti bakar. Makanan ringan yang baik untuk ibu hamil antara lain puding, buah, bubur, dan kacang-kacangan. Memakan biskuit atau keripik mungkin membantu ketika Anda mulai merasa mual.

Istirahat yang cukup. Stres dan kelelahan dapat memperburuk rasa mual. Pastikan Anda mendapatkan tidur malam yang baik dan istirahat yang cukup di siang hari. Bila Anda bekerja, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti beberapa hari.